RKpx 1915 : - - - Apakah Aman Memelihara Kucing Saat Hamil ? Yuk Kita Cari Jawabannya

Apakah Aman Memelihara Kucing Saat Hamil ? Yuk Cari Tahu Jawabannya Disini

Apakah Aman Memelihara Kucing Saat Hamil ? Yuk Cari Tahu Jawabannya Disini
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Anda sudah lama memelihara kucing, mungkin akan mengalami kekhawatiran saat sedang hamil. Banyak orang di luar sana mungkin pernah mendengar larangan memelihara kucing saat hamil.

Hal ini banyak orang yang mengatakan jika memelihara kucing itu bisa menyebabkan keguguran, bulu kucing berbahaya jika terhirup, dan lain sebagainya. Sebelum Anda terburu-buru menelantarkan si kucing kesayangan. Yuk simak penjelasan ini.

Memelihara kucing saat hamil, aman atau tidak?

Memelihara kucing saat hamil adalah hal yang cukup aman. Dalam beberapa hal, kucing malah memberikan manfaat kepada ibu hamil karena bisa mengurangi tingkat stres. Akan tetapi, yang kerap ditakutkan banyak orang dengan keberadaan kucing di rumah adalah virus toksoplasmosis yang dapat menyebabkan cacat pada janin jika terinfeksi selama kehamilan.

Penularan toksoplasmosis dari kucing yang terinfeksi pun tidak semudah yang orang-orang bayangkan. Anda hanya bisa tertular jika bersentuhan dengan kotorannya. Untuk itu, mintalah anggota keluarga lain untuk membersihkan box kotoran kucing selama Bunda hamil. Dan pastikan selalu cuci tangan setelah bermain dengan kucing, terutama bila ingin makan.

Selain itu, jangan lupa gunakan sarung tangan saat berkebun. Karena virus tokso jauh lebih banyak ditemukan di luar rumah dibandingkan pada kucing rumahan.

Baca juga:  ASI Hanya Keluar dari Satu Payudara Saja? Normal Atau Tidak Ya ?

Penyebab Lain Toksoplasmosis.

Hal Yang perlu Anda ketahui tentang penyakit toksoplasmosis tidak hanya ditularkan lewat kucing saja, tetapi ada cara lain yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil diantaranya :

  • Memakan makanan mentah atau setengah matang seperti sayur, daging, dan ikan.
  • Bersentuhan dengan tanah yang tercemar lalu makan atau menyentuh mulut tanpa cuci tangan.
  • Tidak menjaga kebersihan dengan baik.
  • Memakan makanan yang sudah terkontaminasi dan tidak dicuci dengan bersih.
  • Meminum air yang tercemar atau air mentah.

Tips Aman untuk Ibu Hamil yang Memelihara Kucing

Untuk mencegah terjadinya toksoplasmosis pada ibu hamil, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

1. Membersihkan kandang kucing secara teratur.

Saat Anda hamil, mintalah bantuan orang lain untuk membersihkan tinja dan kandangnya untuk mencegah terjangkit toksoplasmosis. Infeksi dapat terjadi saat Anda menyentuh tinja kucing, kemudian tangan menyentuh mulut. Berhati-hatilah bila Anda terpaksa harus membersihkan kandang kucing. Parasit biasanya tidak akan menular dalam waktu 1-5 hari, jadi lebih baik bersihkan kandang setiap hari. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan, ketika membersihkan kandang kucing. Buang sarung tangan pada tempat sampah dan cuci tangan dengan bersih dan benar menggunakan sabun dan air.

2. Hati-hati dengan bak pasir dan saat berkebun.

Hal yang sama juga berlaku, jika kucingmu membuang tinja pada tempat khusus seperti bak pasir dan saat berkebun. Gunakan cara yang sama dengan membersihkan kandang yaitu memakai sarung tangan dan tidak lupa mencuci tangan.

3. Jangan biarkan kucing peliharaan di luar rumah.

Untuk keamanan Anda saat hamil, jangan biarkan kucing peliharaanmu berkeliaran di luar rumah. Karena bisa meningkatkan risiko toksoplasmosis. Ketika menemukan kucing liar di luar yang membutuhkan perawatan, minta saja orang lain untuk merawatnya. Sebagian besar kucing tidak menunjukkan adanya tanda infeksi toksoplasma gondi.

4. Perhatikan konsumsi makanan pada kucing.

Untuk mencegah toksoplasmosis, jangan berikan kucing Anda daging mentah atau setengah matang. Saat kucing mengonsumsi makanan yang telah terinfeksi atau memakan daging setengah matang yang mengandung parasit, maka dia akan terinfeksi. Lebih baik memberikan makanan kering atau makanan kalengan khusus kucing.

Baca juga:  Waspada Kelainan Bentuk Rahim Terhadap Kehamilan!

Apakah Anda masih tetap ingin memelihara kucing saat hamil? Perhatikan hal di atas. Jika khawatir terjangkit toksoplasmosis, segeralah datang ke dokter untuk melakukan tes darah berupa pemeriksaan dan memastikan apakah Anda sudah terkena infeksi atau memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini. Bila perlu periksakan juga hewan peliharaan Anda pada dokter hewan, agar terjamin kesehatannya dan terbebas dari berbagai penyakit.

 

Baca Juga :

Melihara Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan, Mitos Atau Fakta ?

Manfaat Berkebun Saat Hamil, Serta Hal yang Harus Diperhatikan

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Ibu Hamil dan Bayi Saat Dalam Kandungan

Comments

Leave a Reply