RKpx 4381 : 0 - 0 - 0 - 0 Gejala Kanker Payudara yang Mudah untuk Dikenali | Rahasia Kesuburan

Inilah Beberapa Gejala Kanker Payudara yang Mudah untuk Dikenali

Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang sering ditemukan pada wanita dan penyebab kematian kedua pada wanita yang menderitanya. Namun, ternyata, kanker payudara juga bisa diderita oleh kaum pria, walaupun relatif kecil yakni hanya sekitar 1%.

Dari data American Cancer Society, sebanyak 1,3 juta penduduk wanita terdiagnosis menderita kanker payudara. Menurut informasi yang didapat oleh KEMENKES RI, angka kematian kanker payudara tertinggi pada wanita mencapai 42,1 per 100.000 penduduk. Pertanyaannya adalah bagaimana penjelasan lebih lengkap terkait kanker payudara dan  apa saja gejala kanker payudara yang mudah untuk dikenali? Yuk, Sobat RK, simak penjelasannya di bawah ini!

Apakah penyebab munculnya kanker payudara?

Kanker payudara dapat terjadi karena terjadinya kegagalan dalam koordinasi fungsi gen dan akibatnya memunculkan tumor ganas yang berasal dari sel-sel payudara. Ketika jumlah sel di dalam payudara tumbuh dan berkembang dengan tak terkendalikan, maka hal tersebut dapat dikategorikan sebagai kanker payudara. Sel-sel tersebut dapat menyerang jaringan sekitar dan menyebar ke seluruh tubuh. Kumpulan besar inilah yang dikenal sebagai tumor (benjolan). Namun, Sobat RK harus tahu bahwa terdapat 2 jenis tumor yakni tumor jinak dan ganas. Tumor jinak biasanya memiliki sifat yang tidak berbahaya dan mengancam kesehatan.

Sedangkan tumor ganas merupakan jenis tumor yang dapat menyebar dan menyerang jaringan sekitar. Dalam istilah tumor ganas, terdapat istilah metastase, yakni sifat khas tumor ganas yang dapat menyebar luas ke bagian lain di seluruh tubuh untuk berkembang menjadi tumor baru. Selain itu, terdapat juga beberapa faktor risiko yang diduga dapat menyebabkan seseorang menderita kanker payudara, seperti: mengonsumsi lemak yang berlebihan, obesitas, kebiasaan merokok, dan mengalami stres. Tetapi, apabila seorang wanita memiliki faktor-faktor risiko yang telah disebutkan, bukan berarti wanita tersebut sudah pasti akan menderita kanker payudara. Lebih tepatnya faktor-faktor risiko tersebut akan meningkatkan peluang munculnya kanker payudara pada wanita.

Nah, setelah mengetahui penyebab munculnya kanker payudara, Sobat RK bisa mencari tahu beberapa gejala kanker payudara yang mudah untuk dikenali. Baca sampai habis ya!

Beberapa Gejala Kanker Payudara yang Mudah untuk Dikenali

Pada dasarnya setiap jenis kanker memiliki karakteristik yang berbeda. Ada jenis kanker yang tumbuh secara cepat, ada juga jenis kanker yang tumbuh tidak terlalu cepat, seperti kanker payudara. Setiap jaringan dalam payudara sebetulnya dapat membentuk kanker payudara dan biasanya muncul pada saluran atau kelenjar susu. Biasanya, penderita kanker payudara belum merasakan sakit, bahkan tidak ada tanda-tandanya sama sekali di tahap awal kanker payudara. Namun, ketika tumor semakin membesar ukurannya, inilah beberapa gejala yang mudah untuk dikenali oleh Sobat RK:

  1. Benjolan yang bersifat permanen (tidak hilang). Tidak terasa sakit dan terasa keras apabila disentuh. Bisa juga terdapat penebalan pada kulit payudara atau di sekitar ketiak.
  2. Perubahan ukuran dan bentuk payudara.
  3. Kerutan pada kulit payudara.
  4. Keluar cairan dari payudara berupa darah.
  5. Pembengkakan, adanya tarikan pada puting susu.

Sobat RK dapat melihat lebih detail terkait beberapa gejala kanker payudara yang mudah untuk dikenali, seperti di bawah ini:

Sumber: https://bit.ly/3fHDF8B

Apakah ada metode yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara?

Untuk dapat mendeteksi adanya kanker payudara, Sobat RK dapat melakukannya melalui tiga metode, yakni:

  • Pemeriksaan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri): Tindakan ini sangat penting karena sebanyak 85% benjolan pada payudara ditemukan oleh penderitanya sendiri. Di samping itu, American Cancer Society menganjurkan wanita yang berusia di atas 20 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan SADARI setiap 3 bulan, usia 35 – 40 tahun melakukan pemeriksaan mamografi, di atas 40 tahun melakukan check-up pada dokter ahli. Sedangkan lebih dari 50 tahun, diusahakan untuk melakukan check-up dan mamografi setiap tahun.
pemeriksaan-payudara-sendiri-atau-SADARI
Sumber: https://bit.ly/3fHDF8B
  • Pemeriksaan SARANIS (pemeriksaan payudara secara klinis): Dokter merupakan ujung tombak penanggulangan masalah kesehatan masyarakat dan dapat menemukan tumor payudara lebih awal.
  • Pemeriksaan mamografi: merupakan pemeriksaan foto rontgen yang dilakukan pada payudara. Melalui metode periksaan tersebut, dokter akan mengetahui apakah tumor yang ada pada payudara merupakan tumor jinak atau malah sebaliknya, ganas.

Baca juga:

  1. ASI Hanya Keluar dari Satu Payudara Saja? Normal Atau Tidak Ya?
  2. Tidak Hanya Karena Rangsangan, Inilah 6 Penyebab Puting Payudara Mengeras