fbpx

Berhubungan Seks Dapat Mempengaruhi Berat Badan Seseorang, Mitos Atau Fakta ?

Berhubungan Seks Dapat Mempengaruhi Berat Badan Seseorang, Mitos Atau Fakta ?
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Pada umumnya berhubungan seks antar pasangan suami istri hanya dianggap sekedar pemenuhan kebutuhan biologis. Padahal terdapat berbagai manfaat seks secara medis yang bisa diambil.

Taukah Anda rumor yang ada di masyarakat, dimana berhubungan seks dianggap dapat mempengaruhi berat badan seseorang? Mitos atau Fakta, ya?

Berhubungan seks yang biasa anda lakukan bersama dengan pasangan merupakan salah satu bagian dari aktivitas fisik yang secara tidak langsung dapat membakar kalori di dalam tubuh. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa berhubungan seks ini bagaikan olahraga dimana semua anggota tubuh bergerak.

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Montreal memaparkan dampak positif dari posisi seks terhadap impian untuk jadi kurus. Kebanyakan pria membakar 100 kalori usai berhubungan seks. Sementara wanita membakar lebih sedikit yaitu 69 kalori. Jumlah tersebut kurang lebih sama dengan saat anda lari sejauh satu kilometer.

Jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks selain bergantung pada posisi pasangan, juga bergantung pada seberapa banyak waktu yang dihabiskan. Misalnya, bila terjadi banyak perubahan posisi dan termasuk foreplay yang dilakukan dengan intens, seorang pria bisa membakar 306 kalori dan wanita akan membakar 200 kalori setiap jamnya. Maka tak heran berhubungan seks juga bisa dipakai sebagai sarana untuk menurunkan berat badan.

Selain aktivitas fisik yang dilakukan, berhubungan seks juga bisa mencegah rasa lapar atau makan berlebihan. Sebab saat Anda berhubungan seks ini, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang juga dikenal sebagai hormon cinta. Hormon ini akan mengurangi nafsu makan sampai batas tertentu serta mencegah rasa lapar. Sehingga berat badan pun turun.

Jadi, jawabannya adalah Fakta. Jika seseorang sering berhubungan seks dapat membuat badan menjadi kurus.

Jika semakin sering berhubungan seks, maka semakin baik pula manfaat yang diberikan. Apakah itu mitos atau fakta?

Ya, anggapan tersebut memang benar adanya. Manfaat berhubungan seks dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang berhubungan seks memiliki tubuh yang relatif lebih kuat melawan kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa berhubungan seks 1-2 kali per minggu secara rutin dapat meningkatkan kadar antibodi yang dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Namun, apabila berhubungan seks lebih dari tiga kali seminggu, kadar antibodi dalam tubuh justru sama dengan mereka yang tidak berhubungan seks secara teratur. Para peneliti menduga, stres dan kecemasan menjadi penyebabnya.

Selain itu seks juga dapat meningkatkan kebahagiaan pasangan, Menurut penelitian, sering berhubungan seks yang berkualitas mampu meningkatkan rasa bahagia. Hal ini berkaitan dengan manfaat berhubungan seks yang dapat membantu mengurangi stres.

Maka tak heran bila para pakar seks menganjurkan pasangan suami istri untuk rutin berhubungan seks, setidaknya 4 kali dalam seminggu. Nah, berbicara masalah seks, kali ini ada sebuah rumor baru mengatakan bila terlalu sering melakukannya akan berisiko menambah berat badan sehingga tubuh menjadi lebih gemuk.

Mitos atau Fakta : Sering berhubungan seks berisiko menambah berat badan, Lalu, apakah berhubungan seks berpengaruh dengan berat badan seseorang?

Perlu diketahui sebelumnya, berhubungan seks memang sangat berkaitan dengan hormon seseorang. Hormon sendiri tidak bisa dikaitkan dengan penggemukan badan seseorang. Sebab, yang membuat seseorang menjadi gemuk dan bertambah berat badan adalah karena lemak yang menumpuk pada tubuh. Jadi, tidak benar apabila dikatakan bahwa berhubungan seks bisa membuat badan menjadi lebih gemuk.

Sebenarnya, bukan seks saja yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk, tapi gaya hidup yang dilakukan. Pasalnya, setelah menikah dan melangsungkan rumah tangga. Seseorang akan mengalami kebahagiaan yang luar biasa. Nah, rasa bahagia dan tenang tersebut tentu bisa membuat seseorang lupa berolahraga, bahkan menjadi bermalas-malasan hanya untuk bisa berdua dengan pasangannya.

Lantas, wajar saja bila banyak pasangan muda yang menjadi bertambah gemuk setelah menikah. Hal itu dikarenakan gaya hidup yang mulai tak stabil seperti dulu, sebelum menikah. Maka dari itu, bila ada rumor yang mengatakan bahwa seks dapat meningkatkan berat badan, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, masih banyak wanita yang tetap kurus walaupun sangat rutin melakukan aktivitas seks.

Itulah keajaiban berhubungan seks dalam masalah berat badan. Maka tidak rugi apabila anda melakukan aktivitas ranjang ini dengan pasanganmu. Selain membuat kegiatan ranjang dengan pasangan jadi lebih mesra, Anda juga dapat bonus berat badan yang menyusut dan manfaat lainnya.

 

Baca Juga :

Tips Berhubungan Seks Yang Sehat Agar Lebih Menyenangkan

Posisi Seks Yang Sehat, Untuk Wanita Saat Dalam Masa Kehamilan

Tips Agar Berhubungan Seks Menyehatkan Dan Menurunkan Berat Badan

Comments
1. Naluri ke ibuan menjadi lebih peka

Seorang ahli gizi lulusan tahun 2008. Lewat artikel, senang membantu mereka yang sedang mengatasi masalah kesehatannya.