RKpx Alfalfapx Seagoldpx2860 : 1 - 0 - 0 - 1 3 Cara Terapi Penyembuhan Maag | Rahasia Kesuburan

3 Cara Terapi Penyembuhan Maag

Inilah 3 Cara Terapi Penyembuhan Maag
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Penyakit maag kerap kali membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman, terutama saat kambuh. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membantu penyembuhan maag ini. Yuk, simak di sini!

Maag yang kambuh akan menimbulkan rasa sakit hingga ke uluh hati. Penyebab awalnya bisa karena stres atau tekanan dari luar, sehingga memengaruhi kebiasaan makan, yaitu suka menunda waktu makan. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol, kopi, atau mengandung gas juga dapat memicu gejala maag. Faktor-faktor inilah yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga memicu kekambuhan penyakit maag.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada 3 cara terapi yang bisa kamu lakukan untuk bisa bersahabat dengan maag ini, sehingga kamu tidak akan terbebani dan bisa mengoptimalkan penyembuhan maag kamu. Let’s check it out!

Pengobatan maag melalui pola makan dan gaya hidup sehat

Salah satu penyebab maag yang paling sering terjadi adalah kebiasaan makan yang buruk. Oleh karena itu, terapi maag yang optimal tidak boleh mengabaikan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Penderita maag sangat dianjurkan membatasi makanan pedas dan banyak mengandung asam, seperti jeruk, lemon, dan sejenisnya. Selain itu, batasi atau hindari juga minuman soda, kafein, dan minuman beralkohol. Boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gas, seperti durian, kol, lobak, dan sejenisnya, namun harus disertai dulu dengan mengonsumsi makanan yang lain. Jadi, tetap tidak boleh dikonsumsi secara individu yah, karena akan meningkatkan asam lambung kamu.

Selain itu, jangan lupa juga ya, makan dengan teratur, dalam porsi kecil, dengan frekuensi sering. Makanlah dengan pelan-pelan dan tidak langsung berbaring, serta dijeda 2 hingga 3 jam setelah makan.

Menerapkan gaya hidup sehat untuk mengatasi maag :

  • Menghilangkan kebiasaan merokok.
  • Olahraga secara teratur.
  • Mengelola stres dengan baik.
  • Tidak mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan sakit maag, seperti obat antiinflamasi non-steroid (OAINS).

Pengobatan maag melalui terapi medis

Terapi medis ini bisa dengan obat-obatan maag dengan ataupun tanpa resep dokter. Apabila maag belum membaik dalam waktu 2 minggu setelah mengonsumsi ini, maka dianjurkan segera ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Terapi medis obat-obatan untuk maag, seperti :

  • Antasida : untuk menetralisir asam lambung.
  • H2 receptor antagonist (H2RA) : mengurangi produksi asam lambung.
  • Proton Pump Inhibitors (PPI) : menuntaskan rasa sakit hingga ke uluh hati.
  • Antibiotik : untuk mengatasi maag yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.
  • Obat prokinetik : mempercepat proses pengosongan lambung.

Untuk mengetahui obat mana yang tepat untuk maag kamu, silahkan periksa dan konsultasikan langsung dengan dokter terlebih dahulu, agar pemberian obat maag bisa sesuai dengan penyebabnya. Selain itu, diperlukan screening awal seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, seperti endoskopi lambung untuk menentukan penyebab pasti dari maag yang dialami.

Pengobatan maag dengan terapi herbal

Sakit maag adalah luka yang terbuka pada lapisan dalam lambung. Apabila maag kambuh karena asam lambung naik, maka akan terjadi pengikisan dinding lambung dan menyebabkan luka atau iritasi dinding lambung. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit hingga ke uluh hati pada penderita maag setiap kali telat makan.

Herbal sendiri merupakan bahan alami dari berbagai tumbuhan dan tanaman dan tidak mengandung BKO (Bahan Kimia Obat). Terapi herbal maag dapat membantu proses penyembuhan maag dan meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan saat maag kambuh.

  1. Ekstrak teripang emas, mengandung glikosaminoglikan (GAG) sulfat yang positif berpengaruh pada proses penyembuhan luka. Perannya dalam meningkatkan sel limfosit untuk penyembuhan luka pada lambung, efektif mengurangi rasa sakit akibat maag, sehingga dapat membantu proses penyembuhan maag (Ulcer healing).
  2. Ekstrak daun Alfalfa, dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit tukak lambung atau maag kronis dengan kandungan alantoin. Senyawa ini memiliki kemampuan mengurangi rasa nyeri (astringen) dan meningkatkan proliferasi sel dan jaringan, baik sel epitel maupun fibroblas, sehingga proses penyembuhan luka lambung berjalan lebih progresif, maksimal, dan cepat.

Inilah 3 langkah terapi yang bisa diterapkan untuk membantu proses penyembuhan maag kamu. Nah, dari ketiga terapi ini, kira-kira terapi mana saja yang sudah kamu jalani?

Baca Juga :

Jangan Sepelekan Radang Lambung! Inilah Komplikasi dari Maag Kronis

Ingin Menaikkan Berat Badan Mencapai Ideal? Yuk, Intip Tipsnya!

Jelas Berbeda! Kenali 5 Tanda Vertigo VS Sakit Kepala Biasa

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.

Leave a Reply