"> Benarkah Buah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran, Mitos Atau Fakta ?

Benarkah Buah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran, Mitos Atau Fakta ?

Mitos Atau Fakta Seputar Nanas, Dari Kesuburan Hingga Penyebab Keguguran
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Nanas (Ananascomosus) merupakan salah satu buah memiliki kandungan air yang tinggi. Tidak hanya itu saja buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan vitamin, mineral, antioksidan dan enzim.

Yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan dan membantu dalam memecah protein. Nanas memiliki kandungan enzim yang dapat membantu mencerna protein dan sebagai zat anti-inflamasi. Satu porsi jus nanas dapat menyediakan 30 hingga lebih dari 100 persen dari vitamin C harian anda. Buah Tropis ini memiliki nutrisi bagi orang yang mengkonsumsinya.

Beberapa nutrisi yang terdapat dalam kandungan buah nanas diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bromelain

Nanas mengandung enzim bromelain, enzim bromelain ini merupakan agen anti-inflamasi alami dan enzim pencernaan. Pada enzim bromelain dapat membantu mengurangi peradangan serta rasa sakit setelah operasi dan mendorong penyembuhan memar, menurut Langone Medical Center New York University. Kandungan bromelain pada buah nanas juga dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh sinusitis. Sebagai enzim, bromelain pada buah nanas dapat meningkatkan kualitas pencernaan yang baik dengan membantu tubuh memecah protein.

2. Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan alami yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anda agar tetap sehat. Tubuh anda tidak dapat menghasilkan kolagen tanpa bantuan vitamin C. Kolagen adalah protein yang digunakan sebagai membangun tulang untuk membuat jaringan ikat yang memperkuat dan mendukung kulit anda, pembuluh darah, tendon dan ligamen. Vitamin C berperan dalam membantu tubuh untuk memetabolisme lemak yang dapat menghasilkan neurotransmitter.

3. Vitamin B

Satu cangkir jus nanas mengandung 11 persen dari asupan folat harian yang direkomendasikan 19 persen vitamin B-6. Kedua vitamin ini membantu mengurangi kadar homocysteine ​​dalam darah anda. Tingkat homocysteine ​​yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Folat sangat penting untuk sintesis protein, sel darah merah, pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Anda membutuhkan vitamin B-6 untuk membuat neurotransmiter yang dapat membantu mengatur suasana hati dan memetabolisme protein.

4. Kalium

Kalium adalah elektrolit, yaitu zat yang membawa muatan listrik. Dalam hal ini, nanas berperan dalam merangsang impuls saraf dan kontraksi pada otot. Kalium pada nanas dapat membantu mengatur detak jantung anda. Pekerjaan penting lainnya yang diisi oleh potasium adalah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah, makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan pada darah anda, akan tetapi jika anda mendapat cukup kalium setiap hari, itu semua dapat membantu mengimbangi kerusakan dari garam. Menurut Departemen Pertanian AS, satu cangkir jus nanas kaleng memasok 7 persen hari potasium harian anda.

Namun, perlu berhati-hati bagi wanita yang sedang hamil. Buah nanas mengandung bromelian yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Benarkah? Yuk, kita simak kelanjutan dari mitos atau fakta seputar nanas berikut ini.

Kandungan Bromelin Pada Nanas Bisa Menyebab Keguguran.

Pada masa kehamilan, Makanan merupakan hal penting untuk mendukung perkembangan janin. Akan tetapi makanan juga bisa menjadi faktor resiko yang menyebabkan terjadinya keguguran.

Faktanya, kandungan bromelin pada buah nanas memiliki efek abortifikasi. Dalam efek tersebut bekerja dengan menghambat implantasi, kontraksi uterus meningkat dan bersifat embrio toksik. Pada dasarnya, enzim bromelin bekerja berdasarkan dua tipe prostaglandin, yaitu pro-inflamasidan dan anti-inflamasi.

Enzim bromelin pada buah tropis ini menunjukkan aktivitas spesifik dalam meningkatkan kadar prostaglandin yang dapat memicu kontraksi uterus pada ibu hamil. Enzim bromelin ini menghidrolisis jaringan ikat berupa kolagen. Efek yang ditimbulkan akibat hidrolisis kolagen melalui mekanisme kerja enzim bromelinya terjadi gangguan pada fetus, berupa terjadinya pelunakan tubuh fetus.

Enzim bromelin memiliki berat molekul rendah sehingga memungkinkan enzim tersebut masuk kedalam plasenta. Banyaknya kandungan enzim bromelin dalam plasenta akan menghambat perpindahan zat gizi atau nutrien dari induk ke fetus dapat menghambat metabolisme nutrisi yang penting bagi pertumbuhan perkembangan organ-organ fetus, seperti mineral untuk proses pembentukan pada tulang.

Selain menyebabkan kerusakan kolagen, enzim bromelain juga dapat menghambat pasokan oksigen, zat gizi serta bahan lainnya kedalam tubuh fetus. Oleh sebab itu, konsumsi buah nanas haruslah diperhatikan jumlahnya selama kehamilan, sehingga angka kesakitan ibu dan gangguan kesehatan fetus dapat dicegah.

Nanas dan Kesuburan.

Lalu, benarkah nanas dapat membantu kehamilan anda ? Bagaimana cara kerjanya ? Selain bromelin, pada nanas terdapat beta karoten dan agen anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan di tubuh, Menurut artikel Reproductive Sciences, keadaan tersebut dapat membuat tubuh lebih mudah menerima konsepsi. Selain itu, nanas dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas lendir serviks. Lendir serviks adalah substansi yang licin dan membuat sperma tetap aktif bergerak dalam perjalanannya menuju sel telur.

Sperma sering mati di saluran vagina yang asam dalam 12 jam pertama. Namun, dalam kondisi cairan serviks basa yang terjadi di sekitar ovulasi, sperma sering dapat bertahan selama 5 hari atau lebih lama. Meskipun nanas bersifat asam di luar tubuh, setelah melewati perut, nanas sebenarnya menjadi alkalin di usus kecil dan akan membantu menormalkan saluran miss v. Keseimbangan pH yang tepat dalam tubuh dan saluran miss v tidak hanya menyehatkan sel telur, tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan. Untuk lebih menyeimbangkan pH dalam tubuh anda, kurangi alkohol, kopi, gula dan produk biji-biji olahan.

Telur yang sehat, sperma yang sehat dan hormon yang seimbang semuanya diperlukan untuk kehamilan yang sukses, akan tetapi sama pentingnya adalah kondisidan “penerimaan” rahim. Diakui sebagai sperma atau hubungan tanah, telur yang dibuahi harus menanamkan dirinya ke dinding rahim untuk implantasi, tetapi peradangan rahim kronis adalah penyebab kegagalan implantasi dan kehilangan dini yang diketahui.

 

Baca Juga :

5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil, Serta Tips Untuk Memilihnya

Ingin Segera Hamil ? Inilah 5 Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Kesuburan Kandungan

8 Manfaat Mengkonsumsi Bayam Selama Kehamilan

Comments