RKpx Mixedfruitpx3278 : 0 - 0 - 0 - 0 6 Fakta Vertigo yang Harus Kamu Tahu | Rahasia Kesuburan

6 Fakta Vertigo yang Harus Kamu Tahu

fakta-vertigo-yang-harus-kamu-tahu
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Pusing biasa saja sudah cukup membuat penderitanya tidak nyaman dan segera ingin rebahan. Apalagi kalau kamu mengalami vertigo, si pusing tujuh keliling yang dijamin bikin kamu kliyengan dan gak bisa beraktivitas sama sekali.

Sering kali, orang menganggap remeh dengan vertigo. Tidak sedikit pula, orang menyamakan vertigo dengan pusing atau sakit kepala biasa. Padahal, jelas mereka berbeda.

Banyak orang yang belum mengetahui sebenarnya apakah itu vertigo. Berikut ini Sobat RK akan diajak untuk mengulas apa sih fakta vertigo yang harus diketahui itu.

Fakta vertigo berbeda dengan sakit kepala biasa, karena vertigo adalah pusing yang diiringi dengan perasaan bergerak atau berputar.

Kalau sakit kepala biasa, kamu cenderung merasakan kepala pusing, pandangan tidak nyaman, terlihat gelap, dan rasanya ingin segera tiduran. Lain halnya dengan vertigo, dimana kondisi ini ditambah dengan perasaan atau tubuh kamu terasa bergerak atau bergoyang, padahal tubuh kamu dalam keadaan diam. Ini pertanda kalau kondisi saraf kamu sedang tidak seimbang, terutama bagian telinga dan mata yang mengirim sinyal ke otak.

Fakta vertigo, meskipun banyak faktor pemicunya, namun diduga ada 2 penyebab umumnya.

Pertama, adanya virus yang menyerang telinga bagian dalam sehingga terjadi peradangan, atau disebut juga dengan labyrinthitisKedua, kondisi Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), yaitu gangguan telinga akibat kristal kalsium lepas, sehingga mengirimkan pesan palsu ke otak kalau tubuh kamu sedang bergerak, padahal tidak.

Fakta vertigo bukanlah penyakit, melainkan sebuah gejala.

Vertigo sering kali dianggap penyakit yang berdiri sendiri, padahal vertigo sering didiagnosa dengan pemeriksaan klinis dan riwayat penyakit yang menyeluruh. Seperti misalnya, ternyata vertigo juga dapat diakibatkan kondisi geger otak dan multiple sclerosis. Selain itu, paparan radikal bebas dan penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memicu kondisi vertigo.

Fakta vertigo bahwa terdapat kelompok yang rawan mengalami vertigo.

Menurut studi penelitian, perempuan lebih mudah mengalami vertigo dibandingkan laki-laki dan kelompok lanjut usia (>50 tahun) lebih sering mengalami vertigo. Selain itu, juga pada orang yang sering stres, konsumsi alkohol, serta mengalami gangguan pada bagian kepala dan telinga.

Fakta vertigo bahwa sering alami migrain, bisa menjadi indikatornya.

Mungkin orang-orang menganggap migrain hanyalah sakit kepala biasa. Namun, tahukah kamu bahwa migrain menjadi penyebab vertigo yang tidak terdiagnosis hampir 50%? Kamu harus waspada dan memeriksakan kondisi ini lebih lanjut ke tenaga medis.

Fakta vertigo bisa jadi menunjukkan suatu tanda lain yang lebih serius.

Dalam suatu kondisi tertentu, vertigo yang kamu alami bisa saja diiringi dengan penglihatan ganda, cara bicara yang cadel, nyeri bagian dada, serta telinga berdengung. Maka bisa saja ini mengindikasikan sesuatu yang lebih serius, seperti stroke dan masalah jantung.

Baca juga:  Hubungan Intim Kamu Tidak Sehat? Inilah Dampaknya!

 

Baca Juga :

Keseimbangan Tubuh Terganggu? Waspada Vertigo!

Minum Kopi Jadi Kegemaran Kamu? Waspada Insomnia!

Jenis Makanan yang Baik Untuk Penderita Maag

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.