RKpx 3631 : 0 - 0 - 0 - 0 5 Tips Diet Aman Bagi Penderita Maag | Rahasia Kesuburan

5 Tips Diet Aman Bagi Penderita Maag

7-tips-diet-aman-bagi-penderita-maag
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Diet emang terlihat mudah untuk dilakukan, namun sayangnya, nggak semua orang bisa melakukan diet dengan mudah. Apalagi bagi penderita maag yang ingin menurunkan berat badan. Seperti apa sih diet yang aman bagi penderita maag? Cari tahu di sini, yuk!

Maag adalah rasa sakit atau tidak nyaman di bagian lambung yang disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya, rasa sakit akibat maag ini disebabkan oleh luka yang terjadi pada dinding lambung, infeksi bakteri, efek konsumsi obat-obatan tertentu, ataupun stres berat. Tidak jarang, penderita maag juga ingin menurunkan berat badan yang berlebih.

Tanda-tanda berat badan semakin bertambah adalah baju dan celana jadi sempit atau muka nggak kelihatan tirus lagi. Bagi penderita maag, cara diet yang tidak tepat justru akan memperparah sakit maag yang diderita. Terlambat makan sedikit saja, asam lambung langsung naik dan perut terasa perih. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada 7 tips diet yang aman dan sehat bagi kamu penderita maag.

1. Selalu perhatikan kebutuhan gizi.

Sebelum melakukan diet, penderita maag harus menghitung kebutuhan gizi secara cermat. Kebutuhan gizi dapat diperoleh berdasarkan kebutuhan dasar gizi, tingkat aktivitas, lama tidur, pola makan, hingga cara makan. Hal ini penting untuk mengetahui asupan energi dan jumlah zat gizi yang dibutuhkan, serta kesesuaian jenis makanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi. Jika memang ada penyakit lainnya, maka harus diantisipasi, agar tidak kambuh atau semakin parah ketika melakukan diet.

Diet yang diterapkan pun tidak hanya sekedar menurunkan berat badan, tetapi juga mampu mengatasi penyakit tersebut. Bagi penderita maag akut atau yang sedang dirawat, disarankan agar diet penurunan berat badan ditunda dahulu. Lebih baik upaya sepenuhnya dilakukan untuk menyembuhkan penyakitnya.

Baca juga:  Endometriosis : Penyebab, Gejala, Mengobati

2. Ubah pola makanmu menjadi “sedikit tapi sering”.

Kalau biasanya kamu cuma makan 3 kali dalam sehari, cobalah makan dengan frekuensi lebih sering dan porsi sedikit, misalnya 5-6 kali sehari setiap 3 jam sekali. Namun, hindari makan dengan porsi besar ya, agar perut nggak kaget dan berat badan bisa turun perlahan. Cara ini tidak hanya untuk menyehatkan diet kamu, tapi juga mengurangi gejala asam lambung, sehingga maag tidak sering kambuh.

3. Perhatikan setiap makanan yang dikonsumsi.

Selain kafein, penderita maag juga tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Agar diet kamu sukses dan maag tidak kambuh lagi, pilihlah makanan tinggi protein, seperti oatmeal, putih telur, dan ikan. Kamu juga bisa memilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, karena seratnya cenderung lebih tinggi, misalnya nasi merah dan roti gandum. Hindari konsumsi makanan yang pedas, berlemak, asam, atau menimbulkan gas, sepert kol, sawi, brokoli, kembang kol, selada, nangka, kentang, minuman bersoda, dan lain-lain.

4. Turunkan berat badan secara bertahap.

Menurunkan berat badan secara dratis bisa menggangu kinerja refluks lambung. Oleh karena itu, lebih baik mencapai berat badan ideal secara bertahap. Misalnya, tahap pertama turunkan  berat badan sekitar 5 – 10%. Setelah itu, kamu bisa menaikkan target penurunan berat badanmu pelan-pelan, sehingga berat badan bisa lebih stabil dan tidak mudah naik turun.

5. Olahraga berperan penting dalam menjalankan diet.

Sebuah studi yang dimuat dalam Jurnal Obesity pada tahun 2013, berat badan yang normal dapat membantu meredakan gejala asam lambung cukup drastis. Salah satu cara paling mudah, murah, dan efektif yang bisa kamu lakukan adalah olahraga. Tahukah kamu bahwa ada beberapa olahraga yang aman bagi penderita maag? Misalnya, berjalan, jogging, yoga, dan berenang. Ambil waktu setidaknya 30 – 60 menit selama 3 kali dalam seminggu agar semakin efektif. Selain itu, bergerak secara aktif dalam aktivitas sehari-hari, seperti berjalan kaki, naik turun tangga, mengerjakan pekerjaan rumah seperti berkebun, ataupun membersihkan rumah juga akan membantu proses penurunan badan.

Baca juga:  Manajemen ASIP Bagi Ibu Pekerja

Tidak ada alasan untuk melarang penderita maag melakukan diet penurunan berat badan, selama diet dilakukan dengan cara yang benar.  Oleh sebab itu, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan resep pola diet yang baik dan benar.

 

Baca Juga :

Inilah 6 Langkah Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari!

Bolehkah Melakukan Cheat Day Saat Diet?

6 Alasan Ini Bikin Gagal Diet Saat Puasa

Comments