"> 5 Langkah Tepat Cegah Infeksi COVID 19! | Rahasia Kesuburan

5 Langkah Tepat Cegah Infeksi COVID 19!

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Penyebaran infeksi virus corona saat ini sudah semakin merebak. Lebih dari ratusan ribu orang yang terinfeksi COVID 19 (Coronavirus disease 2019), banyak yang berakhir dengan kematian, namun ada pula yang dinyatakan sembuh. Terlepas dari itu semua, kita perlu memberikan perlindungan ekstra untuk mencegah infeksi COVID 19 masuk ke tubuh.

Di Indonesia, virus Corona sudah menginfeksi ratusan orang. Kondisi ini tentunya menjadi hal yang sangat diwaspadai oleh seluruh masyarakat. Oleh sebab itu, penting memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh agar terhindar dari infeksi COVID 19. Apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencegah infeksi COVID 19?

Pastikan selalu cuci tangan dengan sabun.

cegah-infeksi-corona-cuci-tangan-6-langkah

Cucilah tangan sebelum makan, setelah makan, dan setelah dari kamar mandi. Cuci tangan pun harus dilakukan dengan benar dan tepat untuk memastikan virus benar-benar mati. Pastikan kamu mencuci tangan dengan gerakan 6 langkah cuci tangan yang benar dan tepat. Selain itu, kurangi aktivitas menyentuh area wajah, terutama bagian mata, hidung, dan mulut. Meskipun terlihat sepele, hal ini sangat sulit dilakukan. Mengingat pasti ada saja aktivitas kita yang secara refleks menyentuh wajah. Jadi, selalu bersihkan tangan terlebih dahulu ketika kamu hendak menyentuh wajah, ya!

Jika tidak menemukan sabun, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

cegah-infeksi-corona-bersihkan-tangan-dengan-hand-sanitizer

Hand sanitizer bisa kamu gunakan untuk membersihkan tangan apabila tidak menemukan sabun di sekitar kamu. Penggunaan hand sanitizer tentunya akan lebih mudah dan praktis bagi orang-orang dengan tingkat mobilitasnya tinggi.

Hindari dulu tempat-tempat keramaian.

cegah-infeksi-corona-hindari-tempat-ramai

Upaya ini akan menjadi lebih aman untuk mencegah penularan infeksi COVID 19. Baru-baru ini juga banyak yang telah menetapkan sistem kerja dengan work from home. Tidak hanya itu, sekolah-sekolah pun sudah banyak yang diliburkan dan sistem belajar mengajar dilakukan dari rumah. Dengan mengurangi frekuensi kontak secara fisik, dapat menurunkan peluang infeksi COVID 19 secara drastis.

Baca juga:  Siapakah Yang Dapat Membutuhkan Suplemen Tambahan Saat Berpuasa ?

Gunakan masker saat di luar rumah.

cegah-infeksi-corona-orang-pakai-masker

Kita tidak pernah bisa mencegah bersin atau melarang orang untuk bersin. Penularan virus corona adalah melalui droplets (cairan), seperti air liur, dahak, dan sejenisnya. Dengan menggunakan masker, akan mencegah penularan virus ini langsung mengenai wajah kita.

Selalu cukupkan istirahat dan tidur setiap hari.

cegah-infeksi-corona-istirahat-tidur-yang-cukup

Sistem imunitas tubuh kita sangat dipengaruhi oleh pola tidur dan kecukupan istirahat kita. Dengan beristirahat yang cukup, sistem imun kita tetap terjaga melalui pemulihan sistem metabolisme tubuh saat tidur. Jika kamu kurang istirahat dan kurang tidur, maka tubuh tidak akan memiliki waktu yang optimal untuk me-reset kembali sistem metabolismenya, sehingga daya tahan tubuh akan terganggu. Tubuh menjadi lebih mudah sakit dan terserang infeksi virus. Jadi, pastikan kamu istirahat dengan cukup, yah!

Tingkatkan imunitas tubuh dengan mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari.

cegah-infeksi-corona-cukupi-antioksidan-vitamin-c

Last but not least! Poin ini juga ngga kalah penting, loh. Biasakan mulai dari sekarang rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran kaya vitamin C, seperti jeruk, beri-berian, pepaya, mangga, jambu biji, dan sebagainya. Sel-sel imunitas tubuh kita bisa mengalami kerusakan, baik itu karena paparan sinar UV matahari, asap kendaraan, pabrik, rokok, maupun sisa metabolisme yang menumpuk di tubuh. Untuk menetralisir semua faktor ini, maka butuh antioksidan yang cukup, yang bisa kamu peroleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran kaya vitamin C.

 

Baca Juga :

Virus Corona, Teror Wabah Virus dari Cina

Samakah Stres Oksidatif dengan Stres Biasa?

Khasiat Kombinasi Antioksidan Untuk Peningkatan Kesuburan Pria

 

Comments