RKpx 3833 : 0 - 0 - 0 - 0 5 Karakter yang Perlu Dipersiapkan untuk Masa Depan Anak

5 Karakter yang Perlu Dipersiapkan untuk Masa Depan Anak

5-karakter-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-masa-depan-anak
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Sebagai orang tua pasti kita memiliki keinginan untuk melihat anak-anak sukses di masa depan mereka. Untuk bisa mewujudkannya, tentunya ada beberapa karakter anak usia dini yang perlu kita tanamkan dalam diri mereka sejak kecil. Hal ini memang bukan sesuatu yang gampang untuk dilakukan. Namun, konsistensi dan kasih sayang dari kedua orang tua bisa membantu si kecil memiliki karakter-karakter yang menunjang keberhasilan mereka di masa depan.

Pada abad ke-21, pendidikan karakter memang sangat diperlukan dan merupakan salah satu prioritas yang tinggi. Hal ini dinyatakan oleh McElmeel dalam karyanya tahun 2002 berjudul “Character education: A book guide for teachers, librarians, and parents”. Dilansir dari artikel karya Leli Halimah, pendidikan karakter untuk anak-anak menjadi semakin penting dan strategis, terutama jika dikaitkan dengan tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam menyiapkan generasi masa depan dalam menghadapi tantangan global dengan permasalahan yang semakin berat dan kompleks. Untuk menghadapi tantangan di era global tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang berpengetahuan, berketerampilan, dan berkarakter kuat.

Berikut terdapat 5 karakter yang perlu dipersiapkan untuk masa depan anak. Let’s check them out!

1. Joie de Vivre (selalu bersyukur dalam keadaan apapun)

5-karakter-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-masa-depan-anak-3

Kalimat Joie de Vivre berasal dari Bahasa Perancis yang memiliki arti menikmati hidup, baik dalam keadaan senang maupun susah. Dalam perjalanan hidupnya, si kecil pasti akan merasakan kekecewaan, kemarahan, kesedihan, kebahagiaan, dan lain sebagainya. Keadaan-keadaan tersebut akan melatih si kecil untuk tidak menyerah atau putus asa dalam mencari cara untuk memecahkan suatu masalah. Akan jauh lebih baik jika si kecil diajari sejak dini bahwa ada berbagai macam rasa dan sudah sepatutnya kita menikmati setiap rasa yang didapatkan.

2. Adaptif

5-karakter-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-masa-depan-anak-2

Saat anak tumbuh dewasa, maka ia harus terbiasa dengan segala perubahan yang terjadi di dalam hidupnya sehingga, anak juga harus pandai dalam beradaptasi di berbagai macam lingkungan atau situasi yang baru. Ayah dan Bunda bisa membiasakan si kecil untuk bermain di tempat yang berbeda setiap harinya. Jika bermain di luar, beri dorongan dan semangat kepada si kecil agar mau berkenalan dan berbaur dengan teman-teman barunya.

3. Menghormati dan menerapkan kasih sayang kepada orang lain

5-karakter-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-masa-depan-anak-4

Kedua karakter ini juga merupakan salah satu yang terpenting agar si kecil dapat tumbuh dengan kepribadian baik, bisa berempati, peduli pada sesama, dan menghargai siapun yang berada di lingkungannya. Cara yang paling efektif yakni dengan memberikan contoh nyata bagaimana caranya menghormati dan mengasihi orang-orang sekitarnya.

4. Mandiri

5-karakter-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-masa-depan-anak-5

Seorang anak yang memiliki karakter mandiri bisa mengandalkan kemampuan dan sumber dayanya sendiri tanpa perlu bergantung pada orang lain. Ciri-ciri dari anak mandiri salah satunya adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Anak bisa jadi sangat termotivasi ketika memiliki tujuan dan sangat pandai menimbang serta mengambil keputusan. Untuk mengembangkan karakter mandiri pada anak, Ayah dan Bunda bisa mempraktikkannya seperti: saat melihat anak mengalami kesulitan, jangan buru-buru datang untuk membantunya. Biarkan ia mencoba untuk memecahkan masalahnya sendiri.

5. Jujur

5-karakter-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-masa-depan-anak-6

Kejujuran akan tetap menjadi kualitas pribadi yang sangat bernilai, bahkan seringkali dihargai lebih mahal daripada uang. Agar bisa menjadi pribadi yang sukses di masa depan, maka karakter ini harus ditanamkan sejak kecil. Untuk melatih kejujuran si anak, Ayah dan Bunda bisa memulainya dengan tidak memarahinya saat ia melakukan kesalahan. Namun, berikan ia pemahaman mengenai hal yang dilakukannya serta berikan sedikit hukuman bila memang diperlukan. Cara tersebut akan mendorongnya untuk bersikap jujur dan mengakui saat melakukan kesalahan di masa depan.

Membentuk karakter anak memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu waktu dan tenaga yang ekstra agar karakter-karakter tersebut dapat melekat dalam diri si kecil hingga ia dewasa.

Comments