RKpx SeagoldpxMixedfruitpx3745 : 0 - 0 - 0 - 1 5 Jenis Makanan Bagi Penderita Kista Ovarium | Rahasia Kesuburan

5 Jenis Makanan Bagi Penderita Kista Ovarium

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Kista ovarium adalah suatu kantung berisi cairan yang tumbuh di dalam ovarium. Penyebab kista ovarium adalah karena adanya gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus. Gangguan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, menstruasi dini, dan juga meningkatnya distribusi lemak di tubuh. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita konsumsi.

Lalu, apa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kista ovarium?

Jenis makanan yang baik bagi penderita kista ovarium adalah yang rendah kalori. Makanan rendah kalori berfungsi untuk menghindari resiko infertilitas yang disebabkan oleh obesitas. Makanan yang rendah kalori juga bermanfaat untuk menginduksi ovulasi.

1. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Pilihlah jenis sayur yang tinggi serat dan rendah kalori seperti: bayam, brokoli, dan selada. Kandungan serat pada sayuran hijau juga berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol. Sayuran hijau juga mengandung vitamin A, B, C, E, K dan juga asam folat yang berfungsi untuk memproduksi dan mempertahankan sel yang baru serta mencegah kista ovarium.

2. Rutin mengonsumsi jus buah

Buah-buahan yang berwarna merah kekuningan banyak mengandung likopen. Likopen yang merupakan senyawa karotenoid yang tinggi antioksidan sehingga dapat menurunkan resiko kanker juga menghambat pertumbuhan kista ovarium.  Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti apel, wortel, tomat, jambu biji, jeruk, dan pepaya dalam bentuk jus yang juga akan memudahkan proses penyerapan vitamin ke dalam tubuh.

3. Konsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3, asam amino, dan vitamin A. Ikan salmon dapat meningkatkan hormon androgen pada wanita sehingga dapat membantu penyembuhan penyakit kista ovarium. Selain itu, omega 3 pada Ikan Salmon juga memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan penurun kolesterol.

Baca juga:  Anovulasi : Gejala dan Penanganannya

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond dan hazelnut baik dikonsumsi oleh penderita kista karena kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh, vitamin B, C, E, zat besi, kalsium, dan magnesium yang dapat mengontrol resistensi insulin dalam tubuh sehingga kista tidak semakin parah. Produksi insulin yang meningkat terus menerus pada wanita dapat menyebabkan penyakit kista. Hal ini terjadi karena insulin merangsang ovarium untuk memperoduksi hormon pria secara berlebihan, terutama hormon testosteron. Selain kandungannya yang baik untuk mengatasi resistensi insulin, kacang almond juga membantu mengatasi rasa nyeri hebat yang ditimbulkan dari kista ovarium.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehataan tubuh. Kandungan senyawa allicin dan steroid memiliki fungsi sebagai antioksidan, antikanker, antiinflamasi, dan antitrombotik. Kandungan senyawa alil bermanfaat untuk memicu pertumbuhan sel-sel baru (regenerasi sel yang rusak). Selain mudah ditemui di pasaran, bawang putih juga memiliki segudang manfaat bagi penderita kista ovarium.

Comments