RKpx 4003 : 0 - 0 - 0 - 0 Manfaat Mengonsumsi Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengonsumsi Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-mengonsumsi-kopi-bagi-kesehatan-tubuh
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Siapa di antara kalian yang merupakan coffee lovers atau pecinta kopi? Apakah kamu sudah tahu manfaat mengonsumsi kopi? Apalagi jika menikmatinya di tempat kopi yang kekinian atau instagramable. Bagi sebagian orang, salah satu manfaat mengonsumsi kopi di pagi hari yakni dapat membuat tubuh lebih bersemangat. Apalagi jika ingin menjalani berbagai rutinitas seharian.

Di satu sisi, banyak dari kita yang berpandangan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Nah, apakah kamu termasuk orang yang menganggap bahwa kopi merupakan minuman yang bermanfaat atau justru sebaliknya? Sebenarnya, kopi merupakan minuman yang aman. Tetapi, kandungan kafein dalam kopi bisa berdampak buruk bagi tubuh, khususnya pada wanita karena dapat mengakibatkan efek samping yang membahayakan jika terlalu sering mengonsumsi.

Kemudian, batas toleransi kafein dalam kopi pada setiap orang pastinya berbeda-beda. Biasanya dipengaruhi oleh faktor usia, riwayat penyakit, dan sensitivitas tubuh seseorang terhadap kafein. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari European Food Safety Authority, batas mengonsumsi kopi untuk pria dan wanita tanpa riwayat penyakit adalah 400 mg per hari. Jumlah tersebut setara dengan minum kurang lebih 4 cangkir kopi. Lalu, apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi kopi?

1. Manfaat Mengonsumsi Kopi: Mengatasi rasa stres dan putus asa

Dilansir dari artikel karya Neni Seftiana dan Muhammad Sodik yang berjudul “Bahaya Minum Kopi Berlebihan Dalam Jangka Panjang”, mengonsumsi kopi tidak lebih dari 2 cangkir dalam 1 hari akan memberikan efek kesegaran serta membuat perasaan bad mood kamu mereda. Sementara itu, aroma kopi dipercaya memiliki peran dalam mengurangi stress sebab memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf.

2. Manfaat Mengonsumsi Kopi: Menurunkan risiko Penyakit Parkinson

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan kopi dan kafein yang tinggi kemungkinan besar bisa menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson secara signifikan bahkan, bagi mereka yang sudah menderita Penyakit Parkinson, mengonsumsi kopi dinilai sangat bermanfaat. Kandungan kafein di dalam kopi dianggap mampu membantu para penderita Parkinson dalam mengontrol gerakan tubuh.

3. Manfaat Mengonsumsi Kopi: Menjaga kesehatan hati

Dilansir dari artikel Alodokter, kopi berpotensi menurunkan risiko terkena sirosis hati pada peminum alkohol, hingga 22%. Mengonsumsi kopi sebanyak 2 cangkir atau lebih dapat mengalami penurunan risiko hingga 66% terhadap kematian akibat sirosis (pengerasan organ hati). Bukan hanya sirosis, mengonsumsi kopi sebanyak 3 cangkir sehari dapat menurunkan risiko terjadinya kanker hati hingga 40%, perlemakan hati, serta penyakit empedu seperti radang dan batu empedu.

4. Manfaat Mengonsumsi Kopi: Membantu menurunkan berat badan 

Meminum kopi ternyata juga bisa membantu dalam menekan nafsu makan kita. Ketika nafsu makan ditekan, secara tidak langsung berat badan kita juga tak akan terpicu naik. Eits, tetapi, kopi hitam yang dimaksud di sini yakni tanpa gula ya, Sobat RK. Mengapa? Karena kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang amat rendah. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.


Nah, itu dia keempat manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, sah-sah saja jika kamu gemar mengonsumsi kopi asal jangan berlebihan ya karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuhmu serta harus diimbangi juga dengan meminum air mineral yang cukup.

Baca juga:

  1. 4 Jenis Diet yang Hits di Tahun 2020, Sudahkah Kamu Mencobanya?
  2. Mengenal HPV yang Berpotensi Menyebabkan Kanker Serviks
  3. 4 Rekomendasi Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Vitalitas Pria
Comments